Searching...
Senin, 03 September 2012

Pesan Surgawi untuk Muslimah

20.47

Suatu hari Rasulullah shallahu alaihi wa sallam berjalan-jalan bersama puterinya, fathimah radliyallahu anha. Setibanya mereka berdua di bawah pohon kurma, fathimah menginjak rerumputan putri malu, kakinya berdarah lalu mengadu kesakitan. Fathimah mengatakan kepada ayahnya apalah gunanya rerumputan putri malu itu berada disitu dengan nada yang sedikit marah.
Rasulullah dengan tenang mengatakan kepada putrinnya bahwa rerumputan putrid malu itu amat berkaitan rapat dengan wanita. Fathimah terkejut. Rasulullah menyambung kata-katanya lagi. Para wanita hendaklah mengambil pelajaran dari rerumputan purti malu ini dari empat aspek, diantaranya:
Pertama, rerumputan putrid malu akan kuncup apabila disentuh. Ini boleh diibaratkan bahwa wanita perlu mempunyai perasaan malu (pada tempatnya)
Kedua, rerumputan putri malu itu mempunyai duri yang tajam untuk mempertahankan dirinya. Oleh karena itu, wanita perlu tahu mempertahankan dirinya dan kehormatan sebagai seorang wanita muslim. Wanita muslimah, mendapat kiriman pesan surgawi telah diabadikan dalam perintah Allah. Pesan surgawi itu antara lain:

 1. Berjilbab
Allah subhanahu wa taala pernah berfirman, yang artinya:
“wahai nabi, perintahkanlah istri-istrimu dan anak-anak permpuan serta perempuan mu'min untuk mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuhnya”.
Dari ayat diatas, ada sebuah pesan untuk wanita muslimah, agar mereka menutup aurat, yaitu dengan memakai jilbab. Jilbab yang menjurai sampai ke dada, sehingga dada mereka tertutupi. Memakai jilbab yang menutupi kepala saja, tanpa ia juraikan ke dadanya, itu berarti menyalahi pesan surgawi ini, meski dada sudah tertutupi dengan baju.

 2. Jangan berpakaian transparan dll.
Yang dimaksud dengan hadits ini termasuk wanita yang mengenakan pakaian yang tipis/sempit/ketat/ pendek, dengan tujuan untuk memperlihatkan keindahan tubuhnya. Ukhti...keindahan tubuh bukan untuk dieksplotasi, tapi untuk disyukuri, dengan cara menutupinya. Bila tidak, bisa jadi Allah murka atau mengganti keindahan itu dengan yang tidak indah dipandang mata, bisa jadi sekarang atau esok.

 3. Jangan memakai parfum
Bila diluar rumah, wanita muslimah sudah dipesani untuk tidak memakai wewangian.
Artinya: setiap wanita yang menggunakan wewangian , kemudian ia keluar dan melewati sekelompok manusia agar mereka bisa mencium bau harumnya, maka dia adalah seorang pezina.(HR.Nasai)

 4. Jauhilah Berhias diri, bila diluar rumah
Artinya: jangan berhias (dandan) seperti dandanan perempuan jahiliah.diantara dandanan jahiliah adalah bersolek, lipstick dan kosmetikan di luar rumah dengan tujuan untuk memperlihatkan keindahan wajah.

 5. Jangan berlembek-lembek saat bicara.
Artinya; janganlah terlalu berlembek-lembek (mengucapkan )prkataan, maka yang hatinya ragu ingin padamu.
Suara wanita, kerap kali mengundan fitnah. Oleh karenanya sebaggian ulama' mengatkan Bhwa suara wanita itu aurat.

 6. Jagalah pandangan
Artinaya: katakanlah kepada wanita yang beriman hendaklah mereka menahan pandangannya (an-nur 31)
Memandang ajnabi bisa jadi racun, yan akan membutakan mata hati kita.  hafalan berkurang, hanya karena mata memandang. Ada syair arab yang mencerminkan kategori wanita yang paling baik:
Artinya: sebaik-baik wanita adalah yang tidak dilihat laki-laki dan tidak pula mereka melihat ajnabi.

 7.    Jangan kufur nikmat
Artinya Wahai para wanita bersedekahlah dan banyak-banyaklah beristighfar, karena sesungguhnya aku melihat kebanyakan kalian termasuk ahli neraka.
Dua hal yang menyebabkan kebanyakan wanita masuk neraka, kufur kepada kebaikan suami, menganggap tak pernah berbuat baik kepadanya. Setidaknya dan sebaiknya, alangkah baiknya bila wanita muslimah menjauhi kalimat ayng mengandung kufr nikmat, seperti kalimat 'tidak pernah', karena kalimat tersebut menganggap sesutu yang dibicarakan tidak pernah ada, padahal ada meski hanya sekali atau dua kali.

 8.    Hindari Khalwat
Khalwat, menyendiri dengan ajnabi itu tidak boleh, entah dalam soal kebaikan . kategori khalwat ada du a pemahaman:
1.    khalwat dalam suatu tempat yang kosong, sehingga hanya mereka berdua
2.   khalwat di keramaian orang, seperti berduaan dan disekitarnya ada banyak orang, misalnya berduaan di mallatau semisalnya.

 9.    Jangan menceritakan karakter seorang wanita dihadapan laki-laki
Sebagai muslimah, kita dipesani untuk tidak menceritakan karakter seorang perempuan pada seorang laki-laki yang bukan mahramnya (wanita tadi) meski laki-laki tersebut adik, kakak atau ayah kita. Boleh, asal bertujuan untuk khitbah..
Pesan surgawi untuk muslimah, tak hanya sebatas yang disebutkan dalam pembahasan diatas. Pesan-pesan lain dapat kita baca di waktu lain. Semoga kita bisa mengambil pesan-pesan surgawi itu sebagai Jalan tol untuk menuju jannah. Pesan-pesan itu disampaikan tidak untuk menjadi sebuah beban dan terjal dalam kehidupan wanita. Namun semua yang Allah tetapkan dan taqdirkan itu adalah yang terbaik untuk kita. Pesan itu bermanfaat untuk mejaga kesucian wanita dimanapun berada, untuk mengagungkan indahnya bergelar wanita. Tanpa Al-Islam, mungkin seluruh wanita di bumi ini tak lagi indah dan suci. Tanpa pesan surgawi, kita tak bisa menjadi putri malu, yang mempunyai duri yang tajam untuk mempertahankan diri.

0 komentar:

Posting Komentar