Searching...
Jumat, 14 September 2012

Ini Hari Jum'at

23.36


Hari Jum’at termasuk hari-hari paling utama, bahkan hari Jum’at adalah hari paling utama di antara ke-7 hari dalam sepekan. Karena itu, sudah sepantasnyalah bila Nabi saw. memberikan tugas-tugas khusus kepada ummatnya pada hari tersebut.
Berikut ini adalah beberapa amal yang baik untuk Anda semua lakukan di setiap hari Jum’at, berdasarkan hadits-hadits shahih dari Nabi saw.:

1.    Membaca surat al-Kahfi pada malam dan hari Jum’at.[1]
2.    Memperbanyak bacaan shalawat kepada Nabi saw. sepanjang hari Jum’at.[2]
3.    Lebih memperbanyak lagi bacaan shalawat selepas shalat Jum’at.[3]

Selain amalan “wajib” di atas, dapat pula Anda menambahnya dengan amalan berikut, karena Allah SWT. berfirman yang artinya, “Setiap orang itu akan mendapatkan derajat (di hadapan Allah SWT.) sesuai kadar amalannya.”

1.    Beri’tikaf di masjid setelah shalat maghrib sambil menunggu shalat isya’ untuk berdzikrullah. Allah SWT. membanggakan hamba-Nya yang melakukan hal ini di hadapan para malaikat-Nya.
2.    Beri’tikaf setelah shalat shubuh di masjid untuk berdzikrullah sampai terbit matahari, lalu melakukan 2 rekaat shalat sunnah. Pelaku amalan ini mendapatkan pahala sempurna seperti melakukan hajji dan umrah.

Silakan beramal dengan ikhlas lillah. Amal Anda dapat bernilai sebagai da’wah bil haal.


[1] Adapun membaca surat Ali ‘Imran, Hud, dan ad-Dukhan pada hari Jum’at, itu hanya berdasarkan hadits dla’if. Hadits-hadits tersebut dimuat dalam Dla’iful Jami’is Shaghir wa Ziyadatih.
[2] Ini dilakukan sejak terbenam matahari pada hari Kamis sampai terbenam matahari pada hari Jum’at. Nabi saw.menjanjikan, bahwa orang muslim yang paling banyak membaca shalawat akan mendapat tempat paling dekat dengan beliau kelak di jannah. Siapa tertarik? Segera saja deh.
[3] Hal ini berdasarkan firman Allah SWT. yang artinya, “Jika kalian telah selesai menunaikan shalat Jum’at itu, maka bertebaranlah kalian di muka bumi dan carilah sebagian karunia Allah SWT., serta banyak-banyaklah melakukan dzikrullah, supaya kalian beruntung.

0 komentar:

Posting Komentar